Truc

TRUC 2019 - Sustaining Tangible Reliability Target Through Digitalized Technology in Industry 4.0 Era

TRUC 2019 - Sustaining Tangible Reliability Target Through Digitalized Technology in Industry 4.0 Era

Saat ini kita bisa dibilang sudah memasuki era Revolusi Industri yg ke-empat, dengan istilah Industry 4.0. Berbagai lompatan inovasi teknologi hadir di depan mata, dari mulai Kendaraan Tanpa Pengemudi hingga Smartphone yang semakin canggih. Hampir setiap orang dari seluruh dunia terhubung satu sama lain dengan koneksi internet. Tak hanya saling terhubung, kita juga saling berbagi data dan informasi satu sama lain, bahkan tanpa kita sadari sekalipun. Informasi semacam kondisi arus lalu lintas terkini hingga review sebuah produk dapat kita akses kapanpun dimanapun. Dan tanpa kita sadari di saat yang sama, kita juga membagikan informasi tersebut kepada orang lain. Melimpahnya informasi dan data tersebut sering disebut sebagai faktor kunci dalam Industry 4.0, yaitu Internet of Things dan Big Data.

Dalam mengambil keputusan, seorang Reliability Engineer harus didukung oleh ketersediaan data agar dapat diolah menjadi informasi. Data yang di inginkan mungkin ada di plant-nya sendiri, tapi mungkin juga berasal dari luar. Contoh data dari luar, misalkan failure mode baru dari equipment serupa yang dimiliki oleh plant lain. Atau mungkin sebaliknya, di plant ditemukan failure mode baru yang mungkin belum pernah ada sebelumnya. Temuan baru ini mungkin akan bermanfaat bagi plant lain yang memiliki equipment serupa.

Mari sejenak kita membayangkan sebuah konsep dimana sesama Reliability Engineer bisa saling berbagi data dan informasi sehingga dapat mendukung proses pengambilan keputusan. Ya, saat ini konsep saling berbagi antar sesame Reliability Engineer mungkin sudah ada, namun kebanyakan berupa saling berbagi study case dan lesson learn. Bayangkan jika ada platform yang memungkinkan berbagi data berupa failure mode, failure cause dan failure defense task. Tak hanya itu, bisa jadi kita akan berbagi data lain seperti hasil PdM Report, Parameter Operasi dan Performance. Tersedianya data-data tersebut bisa diolah menjadi informasi yang bisa mendukung dan memudahkan seorang Reliability Engineer dalam mengambil keputusan kapan sebuah equipment akan dilakukan overhaul.

Konsep diatas mungkin masih asing dalam dunia Reliability, walapun berbagi informasi antar Reliability Engineer tentu sudah sering dilakukan, dan tentunya Tiara Reliability User Conference sebagai salah satu wadah berbagi informasi tersebut. Dengan tema TRUC 2019 ini, Sustaining Tangible Reliability Target Through Digitalized Technology in Industry 4.0 Era, kami mengajak Anda, segenap praktisi Reliability untuk bersama-sama merumuskan konsep tentang bagaimana kita bisa saling berbagi data dan informasi untuk menghadapi era Industry 4.0.

Testimonials